Pendanaan Mandiri Capital Indonesia Kepada Amarhta

068626900_1488865287-Foto_Liputan6

Perusahaan modal ventura unit usaha  Bank Mandiri atau yand dikenal sebagai  PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), memimpin konsorsium pendanaan untuk Amartha. PT. Amartha merupakan perusahaan rintisan ( Startup) dalam bidang jasa keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) dalam bidang peer to peer (P2P) lending.

Pendanaan ini, Mandiri Capital tidak sendiri melainkan bersama beberapa investor lain seperti Lynx Asia Partners, Beenext, dan Mid Plaza Holding.

Alasan Mandiri mendanai Amartha dikarenakan model bisnis  yang menyediakan fasilitas pinjaman kepada pengusaha mikro yang tidak bergantung pada bank. Dalam hal ini mereka tentunya belum pernah memanfaatkan fasilitas layanan perbankan dalam bentuk apaapun.

Menurut Eddi Danusaputro selaku Dirut MCI, Dana yang akan dikucurkan oleh  bersama Investor lainnya  mencapai US$ 2 juta hingga US$ 5 juta. Namun Eddi tak mau merinci berapa dana yang dikucurkan oleh masing-masing perusahaan tersebut.

Pendiri Amartha, Andi Taufan Garuda Putra menerangkan, dengan adanya platform tersebut masyarakat yang tak terjangangkau oleh bank dapat melakukan usahanya dengan mudah.

Selain itu  platform tersebut berbasis website untuk online lender agar memudahkan lender dapat mengakses informasi peminjam secara menyeluruh seperti peruntukan pembiayaan, latar belakang, hingga skor kredit yang dimiliki.

Selama ini pendanaan dilakukan melalui agen. Sehingga wilayah yang dapat dijangkau juga terbatas. Untuk menjangkau wilayah yang lebih luas tentu saja dibutuhkan agen yang lebih banyak. Oleh karena itu tambahan dana diperlukan untuk memperluas jangkauan pengguna.

Dengan adanya bantuan dari Bank Mandiri, Amartha dapat menargetkan untuk mengembangkan flatform credit scoring. Flatform ini dapat digunakan untuk mempelajari  karakter kredit macet, dengan cara memetakan resiko dan menyusun mitigasi kredit macet.

Direktur Keuangan Mandiri Capital Indonesia Hira Laksamana, mengatakan Mandiri Capital akan menjadikan prioritas utama bagi perusahaan  startup yang bergerak di teknologi keuangan dalam memberikan suntikan dana. Hal ini dikarenakan kedepan teknologi keuangan, terutama Peer-to-peer lending, akan menjadi industri unggulan menyikapi perkembangan pinjaman online.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs www.jadimandiri.org

Sumber:

https://bisnis.tempo.co/read/news/2017/03/07/087853478/mandiri-capital-indonesia-danai-startup-fintech-amartha

http://bisnis.liputan6.com/read/2878291/mandiri-capital-suntik-us-5-juta-ke-amartha

Iklan

About blankarea

Always want to do good for other and for my self, even it's hard to make happy every one at least I'll try. soooo.... Here we gooo.... Lihat semua pos milik blankarea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: